Gugat Facebook, Paten Apa yang Dipermasalahkan Yahoo?

KOMPAS.com — Menjelang rencana go public Facebook ternyata muncul masalah baru yang menghampiri raksasa jejaring sosial ini.Yahoo baru saja mengajukan gugatan kepada Facebook terkait 10 hak paten.

Masalah hak paten biasa terjadi antara pembuat smartphone, tetapi ini untuk pertama kalinya masalah ini diributkan oleh kedua "raksasa" internet.

Dalam pengajuan gugatan, Yahoo merasa dirugikan karena Facebook menggunakan paten teknologi Yahoo yang telah didaftarkan di Amerika Serikat (AS). Pelanggaran yang telah dilakukan Facebook tidak dapat dikompensasi dengan cara pembayaran royalti.

Pihak Facebook pun menanggapi gugatan itu dalam sebuah pernyataan. "Kami akan mempertahankan diri dengan penuh semangat untuk melawan tindakan yang membingungkan ini," jawab juru bicara Facebook.

Menurut Yahoo, pertumbuhan Facebook yang begitu cepat, bagaimanapun, didasari oleh penggunaan teknologi jejaring sosial yang telah dipatenkan Yahoo.

Namun, dari 10 paten yang dipermasalahkan tersebut sebagian besar merujuk pada periklanan online, termasuk cara penempatan iklan dan metode aksesnya. Dari 10 paten, hanya dua yang terkait dengan teknologi media sosial.

Kasus ini seperti ulangan dari keputusan Yahoo untuk menggugat Google menyusul penawaran saham perdana perusahaan itu pada 2004.

Sengketa masalah hak paten itu dimenangi Yahoo yang memperoleh sejumlah pembayaran. Disebutkan, Google melakukan penyelesaian kasus itu dengan menerbitkan 2,7 juta saham untuk saingannya.

Nah, apa saja 10 paten Yahoo yang telah dianggap dilanggar oleh Facebook? Berikut daftarnya:

1. Paten Amerika Serikat (AS) No 6,901,566
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.

2. Paten AS No 7,100,111
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.

3. Paten AS No 7,373,599
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.

Berikut ini adalah gambar dari paten Yahoo yang didaftarkan di AS, dengan nomor 7,373,599:
Paten Yahoo yang didaftarkan di AS dengan nomor 7,373,599 
Paten pada poin 1 sampai 3 memiliki sistem dan metode teknologi yang berbeda, tetapi abstraksinya sama. Berikut potongan abstraksinya: "Sebuah metode dan sistem penempatan obyek grafis pada halaman web yang mengoptimalkan segala peristiwa terkait dengan obyek tersebut. Termasuk ketika sebuah iklan diklik oleh pengunjung halaman web."

4. Paten AS No. 7,668,861
Sistem dan metode untuk menentukan validitas interaksi pada jaringan.

5. Paten AS No. 7,269,590
Metode dan sistem untuk menyesuaikan tampilan informasi yang terkait dengan pengguna jaringan sosial.

6. Paten AS No. 7,599,935
Kontrol untuk memungkinkan pengguna melakukan tampilan previewdari konten yang dipilih berdasarkan tingkat otorisasi pengguna lain.

7. Paten AS No. 7,454.509
Pemutaran sistem online dalam komunitas agar satu sama lain dapat menikmati layanan.

8. Paten AS No. 5,983.227
Dinamisasi halaman generator, yang memungkinkan pengguna mengostumisasi halaman dengan template.

9. Paten AS No. 7,747,468
Konten konsinyasi penjualan dalam sistem dan metode untuk jaringan penyiaran.

10. Paten AS No. 7,406,501
Sistem dan metode untuk instant messaging menggunakan protokol e-mail.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/03/14/0653272/gugat.facebook.paten.apa.yang.dipermasalahkan.yahoo

Analisa Kasus :
            Permasalahan yang terjadi diatas disebabkan karena pihak Yahoo merasa adanya kesamaan layanan seperti dari 10 paten yang dipermasalahkan tersebut sebagian besar merujuk pada periklanan online termasuk cara penempatan iklan dan metode aksesnya.Menurut pendapat saya mengenai kasus diatas , pihak Yahoo sudah sewajarnya menggugat pihak Facebook terkait dengan 10 hak paten yahoo yang telah dilanggar oleh pihak facebook.Hal ini jelas sangat merugikan pihak yahoo dimana sudah terlihat jelas bahwa pihak Yahoo lah yang pertama kali telah mematenkan sepuluh paten tersebut.Namun sebelum melangkah ke penggugatan,pihak Yahoo sebaiknya membicarakan terlebih dahulu masalah ini secara baik-baik dengan pihak Facebook dalam sebuah forum atau pertemuan resmi misalnya , pihak facebook sendiri merasa kecewa karena pihak Yahoo langsung saja menggugat pihaknya sebelum memberitahukannya terlebih dahulu.Hal ini mengakibatkan mungkin kedua hubungan kedua pihak menjadi renggang sangat disayangkan karena sebelumnya kedua pihak ini menjalin hubungan bisnis yang baik.Akan tetapi disini bukan hanya pihak facebook saja yang merasa kecewa, pihak Yahoo pun merasa kecewa karena dalam menanggapi kasus gugatan yang telah ditujukan dari pihak yahoo , pihak Facebook hanya dalam sebuah pernyataan bukan dalam bentuk sanksi.Namun kembali lagi bahwa pihak Yahoo lah yang pertama kali mematenkan teknologi Yahoo yang telah didaftarkan  di Amerika Serikat ketimbang pihak facebook yang bisa dikatakan sebagai pengikut dari teknologi sebelumnya.
Jadi,dapat dikatakan bahwa pemenang dari permasalahan antara Yahoo dengan facebbok adalah pihak Yahoo , hal ini sesuai dengan isi pasal 16 ayat 1 tentang hak paten yang berbunyi “Pemegang Paten memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan paten yang dimilikinya dan melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya”.Sehingga dapat dikatakan sebagian saham Facebook adalah milik Yahoo dan dalam hal ini pula pihak Yahoo ,menjadi penggugat kuat terhadap pihak facebook dengan kriteria bukti yang lengkap.

Solusi :
Menurut saya sebaiknya menyelesaikan kasus diatas dengen cara perdamaian kedua belah pihak,dan pihak Facebook seharusnya bijak dalam pengambilan keputusan saat menanggapi kasus di atas atau dengan permintaan maaf kepada pihak Yahoo dan mengakui kesalahan atau hak paten yang telah dilanggar olehnya.Bukan dengan tindakan merasa biasa saja ataupun hanya dengan memberikan sekedar pernyataan saja.Untuk kedepannya sebaiknya pihak Facebook lebih  memiliki ide kreatif dalam membuat aplikasi desain untuk periklanan dan terlebih dahulu memeriksakan dengan pihak tetangga agar tidak terdapat aplikasi serupa dan tidak ada kesamaan diantara kedua belah pihak sehingga tidak ada kembali pihak yang dirugikan.Sebaiknya kedua pihak seperti yahoo dan facebook ini melakukan kerja sama dalam bisnisnya bukan malah memperburuk keadaan diantara keduanya apabila kedua pihak melakukan kerja sama yang baik seperti sebelumnya tidak menutup kemungkinan adanya keuntungan atau saling menguntungkan satu sama lainnya.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE ETIK INDUSTRIAL ENGINEERING