Gugat Facebook, Paten Apa yang Dipermasalahkan Yahoo?
KOMPAS.com — Menjelang rencana go public Facebook ternyata muncul masalah baru yang
menghampiri raksasa jejaring sosial ini.Yahoo baru saja mengajukan gugatan
kepada Facebook terkait
10 hak paten.
Masalah hak paten biasa terjadi antara pembuat smartphone, tetapi ini untuk pertama kalinya masalah ini diributkan oleh kedua "raksasa" internet.
Dalam pengajuan gugatan, Yahoo merasa dirugikan karena Facebook menggunakan paten teknologi Yahoo yang telah didaftarkan di Amerika Serikat (AS). Pelanggaran yang telah dilakukan Facebook tidak dapat dikompensasi dengan cara pembayaran royalti.
Pihak Facebook pun menanggapi gugatan itu dalam sebuah pernyataan. "Kami akan mempertahankan diri dengan penuh semangat untuk melawan tindakan yang membingungkan ini," jawab juru bicara Facebook.
Menurut Yahoo, pertumbuhan Facebook yang begitu cepat, bagaimanapun, didasari oleh penggunaan teknologi jejaring sosial yang telah dipatenkan Yahoo.
Namun, dari 10 paten yang dipermasalahkan tersebut sebagian besar merujuk pada periklanan online, termasuk cara penempatan iklan dan metode aksesnya. Dari 10 paten, hanya dua yang terkait dengan teknologi media sosial.
Kasus ini seperti ulangan dari keputusan Yahoo untuk menggugat Google menyusul penawaran saham perdana perusahaan itu pada 2004.
Sengketa masalah hak paten itu dimenangi Yahoo yang memperoleh sejumlah pembayaran. Disebutkan, Google melakukan penyelesaian kasus itu dengan menerbitkan 2,7 juta saham untuk saingannya.
Nah, apa saja 10 paten Yahoo yang telah dianggap dilanggar oleh Facebook? Berikut daftarnya:
1. Paten Amerika Serikat (AS) No 6,901,566
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.
2. Paten AS No 7,100,111
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.
3. Paten AS No 7,373,599
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.
Berikut ini adalah gambar dari paten Yahoo yang didaftarkan di AS, dengan nomor 7,373,599:
Masalah hak paten biasa terjadi antara pembuat smartphone, tetapi ini untuk pertama kalinya masalah ini diributkan oleh kedua "raksasa" internet.
Dalam pengajuan gugatan, Yahoo merasa dirugikan karena Facebook menggunakan paten teknologi Yahoo yang telah didaftarkan di Amerika Serikat (AS). Pelanggaran yang telah dilakukan Facebook tidak dapat dikompensasi dengan cara pembayaran royalti.
Pihak Facebook pun menanggapi gugatan itu dalam sebuah pernyataan. "Kami akan mempertahankan diri dengan penuh semangat untuk melawan tindakan yang membingungkan ini," jawab juru bicara Facebook.
Menurut Yahoo, pertumbuhan Facebook yang begitu cepat, bagaimanapun, didasari oleh penggunaan teknologi jejaring sosial yang telah dipatenkan Yahoo.
Namun, dari 10 paten yang dipermasalahkan tersebut sebagian besar merujuk pada periklanan online, termasuk cara penempatan iklan dan metode aksesnya. Dari 10 paten, hanya dua yang terkait dengan teknologi media sosial.
Kasus ini seperti ulangan dari keputusan Yahoo untuk menggugat Google menyusul penawaran saham perdana perusahaan itu pada 2004.
Sengketa masalah hak paten itu dimenangi Yahoo yang memperoleh sejumlah pembayaran. Disebutkan, Google melakukan penyelesaian kasus itu dengan menerbitkan 2,7 juta saham untuk saingannya.
Nah, apa saja 10 paten Yahoo yang telah dianggap dilanggar oleh Facebook? Berikut daftarnya:
1. Paten Amerika Serikat (AS) No 6,901,566
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.
2. Paten AS No 7,100,111
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.
3. Paten AS No 7,373,599
Metode dan sistem untuk mengoptimalkan penempatan iklan pada halaman Web.
Berikut ini adalah gambar dari paten Yahoo yang didaftarkan di AS, dengan nomor 7,373,599:
Paten pada poin 1 sampai 3 memiliki sistem dan metode teknologi yang berbeda, tetapi abstraksinya sama. Berikut potongan abstraksinya: "Sebuah metode dan sistem penempatan obyek grafis pada halaman web yang mengoptimalkan segala peristiwa terkait dengan obyek tersebut. Termasuk ketika sebuah iklan diklik oleh pengunjung halaman web."
4. Paten AS No. 7,668,861
Sistem dan metode untuk menentukan validitas interaksi pada jaringan.
5. Paten AS No. 7,269,590
Metode dan sistem untuk menyesuaikan tampilan informasi yang terkait dengan pengguna jaringan sosial.
6. Paten AS No. 7,599,935
Kontrol untuk memungkinkan pengguna melakukan tampilan previewdari konten yang dipilih berdasarkan tingkat otorisasi pengguna lain.
7. Paten AS No. 7,454.509
Pemutaran sistem online dalam komunitas agar satu sama lain dapat menikmati layanan.
8. Paten AS No. 5,983.227
Dinamisasi halaman generator, yang memungkinkan pengguna mengostumisasi halaman dengan template.
9. Paten AS No. 7,747,468
Konten konsinyasi penjualan dalam sistem dan metode untuk jaringan penyiaran.
10. Paten AS No. 7,406,501
Sistem dan metode untuk instant messaging menggunakan protokol e-mail.
Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/03/14/0653272/gugat.facebook.paten.apa.yang.dipermasalahkan.yahoo
Analisa Kasus :
Permasalahan yang terjadi diatas disebabkan
karena pihak Yahoo merasa adanya kesamaan layanan seperti dari 10 paten yang
dipermasalahkan tersebut sebagian besar merujuk pada periklanan online termasuk
cara penempatan iklan dan metode aksesnya.Menurut pendapat
saya mengenai kasus diatas , pihak Yahoo sudah sewajarnya menggugat pihak
Facebook terkait dengan 10 hak paten yahoo yang telah dilanggar oleh pihak
facebook.Hal ini jelas sangat merugikan pihak yahoo dimana sudah terlihat jelas
bahwa pihak Yahoo lah yang pertama kali telah mematenkan sepuluh paten
tersebut.Namun sebelum melangkah ke penggugatan,pihak Yahoo sebaiknya
membicarakan terlebih dahulu masalah ini secara baik-baik dengan pihak Facebook
dalam sebuah forum atau pertemuan resmi misalnya , pihak facebook sendiri
merasa kecewa karena pihak Yahoo langsung saja menggugat pihaknya sebelum
memberitahukannya terlebih dahulu.Hal ini mengakibatkan mungkin kedua hubungan
kedua pihak menjadi renggang sangat disayangkan karena sebelumnya kedua pihak
ini menjalin hubungan bisnis yang baik.Akan tetapi disini bukan hanya pihak
facebook saja yang merasa kecewa, pihak Yahoo pun merasa kecewa karena dalam
menanggapi kasus gugatan yang telah ditujukan dari pihak yahoo , pihak Facebook
hanya dalam sebuah pernyataan bukan dalam bentuk sanksi.Namun kembali lagi
bahwa pihak Yahoo lah yang pertama kali mematenkan teknologi Yahoo yang telah
didaftarkan di Amerika Serikat ketimbang
pihak facebook yang bisa dikatakan sebagai pengikut dari teknologi sebelumnya.
Jadi,dapat dikatakan bahwa pemenang dari
permasalahan antara Yahoo dengan facebbok adalah pihak Yahoo , hal ini sesuai
dengan isi pasal 16 ayat 1 tentang hak paten yang berbunyi “Pemegang Paten
memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan paten yang dimilikinya dan melarang
pihak lain yang tanpa persetujuannya”.Sehingga dapat dikatakan sebagian saham
Facebook adalah milik Yahoo dan dalam hal ini pula pihak Yahoo ,menjadi
penggugat kuat terhadap pihak facebook dengan kriteria bukti yang lengkap.
Solusi :
Menurut saya sebaiknya menyelesaikan kasus
diatas dengen cara perdamaian kedua belah pihak,dan pihak Facebook seharusnya
bijak dalam pengambilan keputusan saat menanggapi kasus di atas atau dengan
permintaan maaf kepada pihak Yahoo dan mengakui kesalahan atau hak paten yang
telah dilanggar olehnya.Bukan dengan tindakan merasa biasa saja ataupun hanya
dengan memberikan sekedar pernyataan saja.Untuk kedepannya sebaiknya pihak
Facebook lebih memiliki ide kreatif
dalam membuat aplikasi desain untuk periklanan dan terlebih dahulu memeriksakan
dengan pihak tetangga agar tidak terdapat aplikasi serupa dan tidak ada
kesamaan diantara kedua belah pihak sehingga tidak ada kembali pihak yang
dirugikan.Sebaiknya kedua pihak seperti yahoo dan facebook ini melakukan kerja
sama dalam bisnisnya bukan malah memperburuk keadaan diantara keduanya apabila
kedua pihak melakukan kerja sama yang baik seperti sebelumnya tidak menutup
kemungkinan adanya keuntungan atau saling menguntungkan satu sama lainnya.
mksh, sangat membantu tugas legal aspek saya :)
BalasHapus